Indonesia, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa yang berada di antara benua Asia dan Australia dan juga di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari ± 17.504 pulau, dan negara yang saat ini kita tinggali. Negara ini telah merdeka sejak tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus. Jika dihitung, sudah 74 Tahun, Indonesia terlepas dari jajahan. Banyak sekali pengorbanan pahlawan-pahlawan terdahulu. Dari perjuangan yang susah payah hingga ke pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dan saat ini kita dapat merasakan apa itu kemerdekaan. 

Bhinneka Tunggal Ika, adalah semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu". Semboyan inilah yang mempersatukan bangsa Indonesia. Yang mempersatukan bangsa Indonesia dari berbagai macam suku dan budaya menjadi satu kesatuan yang utuh. Setidaknya, itulah yang dikatakan Sejarah. Bagaimana dengan sekarang? Tidak sedikit terjadi pertengkaran, caci maki, adu domba, tawuran, yang terjadi hanya karena perbedaan pendapat. Padahal, perbadaan lah yang menjadikan kita satu. Di dunia maya pun caci maki, dan saling hina terjadi. Apakah semua ini terjadi karena kesalahan social media nya? Apakah Teknologi itu salah? Tunggu dulu. Teknologi itu adalah alat. Yang menentukan baik ataupun buruknya suatu alat adalah kita sebagai penggunanya. Lalu bagaimana? Salah satunya cara adalah bertoleransi.

Masalah demi masalah mulai timbul di Indonesia. Mungkin dulu kita melawan penjajah. Tapi sekarang, kita melawan berbagai hal yang merusak kesatuan bangsa dan negara. Seperti berita Hoax, Korupsi, Penyalahgunaan Narkotika, dan lain sebagainya, hingga masalah sampah. Kalau kita menginginkan Indonesia menjadi maju, kita harus berusaha memperbaiki masalah-masalah di Indonesia.

Sudah 74 Tahun Indonesia merdeka. Jadi, mari kita bersyukur atas apa yang telah diberikan Yang Maha Kuasa kepada kita, yaitu kemerdekaan. Dan semoga kita dapat memajukan Indonesia sesuai dengan tema : "SDM Unggul Indonesia Maju". Sebagai penutup, Dirgahayu 74 Tahun  Indonesia.
MERDEKA!