First, bagi yang gatau benkyou, benkyou itu artinya belajar. Ini cuma sekedar share pengalaman doang. Jadi pada saat tanggal 2 Agustus 2019, di malamnya. Itu malam sabtu, bukan malam jum'at. Ceritanya saat itu aku diajak keluar sama keluarga, dan disaat itu ada tugas (atau kalo anak sekolahan bilang PR. Ya iya PR, Pekerjaan Rumah. Apaan sih?). Jadinya aku bawa tugasnya biar bisa ngerjain di mobil. Lanjut, ceritanya aku udah ngerjain setengah dari soal. Kemudian kita makan di tempat makan yang ada di pinggir jalan. Selesai makan, dan akhirnya ku kembali ke rumah. Dan saat itu aku langsung tertidur.

Stop dulu. Gimana sih caranya belajar efekif? Itu adalah pertanyaan yang aku tanya setelah nonton film Anime : Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai episode awal. Dan aku dapet jawaban dari Anime itu pada episode ke berapa gitu aku lupa. Di episode itu bilang kalo cara efektif belajar itu belajar di kamar mandi. Disaat itu aku mikir, itu konyol gak sih? Terus aku mikir lagi nih. Kebiasaan beberapa  orang biasanya kan nongkrong di kamar mandi bawa hand-, biar lebih keren dikit, Smartphone. Dan mereka betah. Berarti logikanya itu juga berlaku dong di buku? Tapi aku mikir nih, kalo bawa buku di kamar mandi.. ntar basah dong bukunya? Kalo ada bathub sih enak. Atau kolam renang deh. Tapi aku ga ada dua-duanya. Jadi ya salah satu alternatifnya itu belajar dari Smartphone di kamar mandi. Tapi aku gamau cerita itu karena aku belom nyoba hahaha/

Oke lanjut ke cerita, Ketika jam 2 esok harinya, aku bangun. Nggak bangun sih, tapi terbangun. Dan aku baru sadar kalau tugas.. belum selesai. Jadi ya langsung aku kerjain sambil dengerin musik. Dan rasanya itu.. enak. Nyaman banget, nggak ada yang ganggu. Mungkin kalau belajar di jam segitu pagi-pagi enak kali ya? Dan mungkin bisa jadi lebih efektif. Tapi cara belajar kayak gini juga ada resikonya loh. Resikonya kalo kalian ketiduran dan keterusan, jadinya kesiangan. 

Sekian sedikit cerita yang diambil dari kehidupan nyataku.