Tau hoax kan? Kalo gak tau simak ini. Berita palsu atau Hoax menurut Wikipedia adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tapi dibuat seolah-olah benar adanya. Atau menurut KBBI, Hoax mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Coba bayangkan ketika ada seseorang yang menemukan berita hoax, lalu dia asal copy-paste di social media, whatsapp, dan lain-lain. Lalu kemudian berita hoax tersebut tiba-tiba menyebar, bahkan sampai di luar negeri. Dan ternyata berita itu merupakan kebohongan. Kemudian orang-orang disekitar orang yang menyebarkan berita hoax itu mulai gak percaya dengan dia dan mulai meninggalkannya. Ya gak lucu dong. Maka itu aku ada beberapa tips supaya kita tidak mudah menyebarkan berita hoax.

Yang pertama dan yang paling penting adalah membaca. Aku pernah bilang kalau membaca itu penting di postingan yang judulnya Membaca. Itulah sebabnya ada yang bilang, "budayakan baca". Usahakan baca berita tersebut sampai selesai. Jangan membaca hanya setengah. Dan satu lagi, baca dengan teliti. Karena bukan soal ujian saja yang hanya dibaca dengan teliti, tapi berita juga dibaca dengan teliti. 

Yang kedua adalah perhatikan sumber. Jika berita tersebut ditulis di website blog seperti postingan yang kamu baca ini, kamu harus tau sumber penulisan berita tersebut dari mana sebelum kamu menyebarkan atau share ke orang lain. Kalau berita itu sumbernya gak jelas, maka kemungkinan berita tersebut merupakan berita palsu atau hoax. Jika memang sumber itu jelas dan ditulis di website berita resmi, maka bisa jadi itu nggak hoax dan bisa kalian share ke orang lain. Nah bagaimana jika ada yang bertanya, kalau website berita resmi apakah juga terdapat berita hoax. Ya memang tidak menutup kemungkinan, tapi paling tidak website tersebut harusnya sudah terpercaya dan dapat info dari sumber yang jelas.

Yang ketiga adalah jangan copy-paste. Ketika kalian ingin share ke orang lain, jangan copy-paste tulisan berita tersebut. Tapi cobalah cara lain seperti screenshot atau mengirimnya langsung dengan mengirim link dari berita tersebut. Cara ini biasa kugunakan supaya orang dapat melihat sumber dari berita tersebut. 

Itulah tips yang ingin ku bagikan supaya menghapuskan hoax. Share postingan ini ke orang lain biar mereka tau cara atasi hoax ala ala aku. Postingan ini hoax gak ya? Sekali lagi ini berdasarkan pemikiran dan yang ku lakukan. Mungkin banyak tips yang lain yang nggak ditulis disini, so jangan sungkan untuk berbagi.
See you next.