Selain nge-game, banyak hal yang ku lakukan untuk mengurangi tingkat stress. Salah satunya adalah "membaca". Banyak orang yang bilang, kalau membaca itu membosankan. Aku pun awalnya berpemikiran seperti itu. Tapi, semenjak aku menginjak sekolah menengah atas alias SMA, aku sadar bahwa yang membuat membaca itu membosankan dan bikin jenuh adalah tekanan. Di masa sekolah, ada yang namanya PR (Pekerjaan Rumah) / Tugas. Biasanya kita membaca terpaku oleh tugas. Jadi kita tidak ber-fokus pada apa yang ingin penulis buku tersebut sampaikan melalui bukunya. Tapi, jika kita beralih ke novel, kita akan fokus ke cerita dari novel tersebut. Membaca itu harus enjoy. Meski diluar dari buku-buku seperti novel, kita bisa memahami apa yang penulis ingin sampaikan melalui buku tersebut dengan cara enjoy, dan tidak terpaku kepada apapun. 

Penelitian mengatakan bahwa membaca dapat mengurangi tingkatan stres lebih besar daripada bermain video game, dan mendengarkan musik. Sejak aku tau itu, aku mulai menjadikan membaca sebagai kegiatan penghilang stress. Dan itu benar terbukti. Aku menenangkan diri dengan membaca novel. Aku dapat memahami informasi, tutorial, dan lain-lain, karena enjoy. Terkadang, aku lebih suka masuk ke imajinasi sendiri daripada menonton. Jadi, ayo kita jadikan membaca sebagai penghilang stress, atau jika mungkin, jadikan sebagai hobi,

Sekian yang dapat ku share di postingan blog kali ini. See you next, and Have a Nice Day
Img from freepik