Apakah cair-nya es di kutub hanyalah rumor dan ramalan belaka? Apa yang akan terjadi jika es di kutub mencair? Salah satu penyebab dari es di kutub mencair adalah Pemanasan Global. Bagaimana nasib bumi ke depannya? Sebelum itu, kita harus tau apa itu global warming. Global warming atau biasa disebut dengan pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Bagaimana pemanasan global dapat mempengaruhi keadaan bumi?

Pemanasan global dapat terjadi karena beberapa hal yang umumnya terjadi karena efek rumah kaca. Apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca, yang diusulkan pertama kali oleh Joseph Fourier pada 1824, merupakan proses pemanasan suatu benda langit yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya. Efek rumah kaca disebabkan karena meningkatnya konsentrasi gas karbondioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer. Harus kita tau bahwa energi yang masuk ke bumi dapat diserap oleh permukaan bumi sebagai sumber panas untuk menghangatkan bumi, tapi terdapat sisa 10% yang dipantulkan kembali oleh permukaan bumi ke atmosfer bumi. Energi yang dipantulkan oleh permukaan bumi tadi, terperangkap di atmosfer bumi karena menumpuknya jumlah gas rumah kaca yang antara lain adalah uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, metana, bahkan klorofluorokarbon(CFC). Faktanya efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpa adanya efek rumah kaca, bumi akan menjadi sangat dingin yang bersuhu hanya -18 ℃. Kebayangkan bagaimana dinginnya itu? Lalu bagaimana pemanasan global terjadi? Sebaliknya, jika gas-gas tersebut berlebihan, akan mengakibatkan pemanasan global.

Lalu kemungkinan apa yang akan terjadi bila pemanasan global ini terjadi? Kemungkinan yang pertama adalah mencairnya es di kutub yang dapat menyebabkan naiknya permukaan laut yang tidak menutup kemungkinan akan menutupi daratan yang ada. Kemungkinan yang kedua adalah naiknya suhu di bumi dengan drastis. Bahkan menurut penelitian, pemanasan global dapat mengerdilkan ukuran tubuh mamalia termasuk kita. Dan juga makhluk hidup yang berada di kutub seperti pinguin dan beruang akan punah.

Apakah pemanasan global ini dapat diatasi? Mungkin dengan mengurangi bahan bakar fosil dan menggunakan energi alternatif? Atau dengan reboisasi? Apakah dengan menggunakan cara tersebut pemanasan global akan teratasi? Nah sebelum semuanya terlambat, mari berpikir cara untuk mencegah pemanasan global.