Dalam hidup itu pasti ada yang namanya pilihan kan? Antara ini, dan itu. Antara aku dan orang lain. Antara kamu dan dia. Antara kita dan mereka. Antara iya dan tidak. Bahkan, antara 1 dan 2. Dua pilihan yang terkadang.. bukan.. sering membuatku bingung. Yang aku pikirkan pasti adalah.. bagaimana jika aku salah pilih. Aku adalah orang yang bisa dibilang terkadang lama dalam menentukan pilihan. Ada yang bilang kalau aku itu selektif, karena berpikir dulu sebelum memilih dan bertindak. Dan ada juga yang bilang aku itu lama. "Milih dua pilihan doang kok ga bisa?" Aku ga paham sama pola pikir orang yang ngomong gitu. Gimana mereka bisa menentukan pilihan dengan cepat dan tanpa ragu? "Ah, kamu lama! Masa gitu doang bingung?" Aku masih ga paham. 

Ngomongin pilihan, di masa remaja ini, apalagi aku udah lulus SMA. Pasti ga lepas dari yang namanya pilihan. Pilihan mau nerusin kemana? Mau jadi apa. Dan yang buat aku bingung banget, ketika ditanya.. "Kamu mau pilih jurusan apa?" Oke, mungkin akan ada yang bilang ini lebay. Banyak orang yang bilang, pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat. Oke, aku ngerti tentang kalimat itu. Aku bukannya gatau bakat dan minat aku. Tapi, tetep aja aku bingung dengan pilihan. Antara jurusan yang ini, atau yang itu? Berbagai cara udah kulakukan, dari mulai konsultasi dengan orang tua, guru, dan teman. Hasilnya? Aku masih bingung. 

Yah, namanya pilihan, mau cepet atau lambat, itu harus dipilih kan? Salah satu harus dipilih, dan salah satu harus diikhlaskan. Kenapa kita tak bisa memilih dua duanya? Kenapa musti salah satu? Hah.. yah.. itulah pilihan. Pikir, pikir, pikir, dan pikir. Lalu merenung, dan bertanya dalam hati, "apa ini benar?", "apa ini yang aku mau?" Aku masih tak bisa menjawab itu. Sekarang, harus bagaimana? Jika ada pengalaman yang sama tentang memilih ini atau itu, aku punya saran untuk kalian. Yang juga ini menjadi jalan keluar untuk permasalahanku. Apa? Doa. Berdoalah. Ceritakanlah. Dan mintalah. Dan aku juga menyarankan kalian untuk Sholat Istikharah. Mintalah kepada Allah meski yang kalian minta itu hanya sebiji beras. Sekarang, aku telah memilih dari pilihan itu. Bagaimana kalian?

- Sebuah Curahan Pikiran



P.S.
Hai! Makasih buat yang udah meluangkan waktu untuk membaca ini. Jujur aku ngetik ini dari apa yang aku rasakan. Mungkin dihadapi dengan sebuah pilihan antara ini dan itu, memang membuat kita berpikir. Tapi itulah kehidupan. Kalo kita ga pilih, kita mau apa? Berani melangkah. Jangan sampai salah pilih dalam memillih ya! Dan ingat, Allah lebih mengetahui apa yang kalian butuhkan, dan apa yang terbaik untuk kalian. Jangan lupa sama Allah. 
Oiya, kedepannya mungkin aku akan menuliskan apa-apa aja yang aku rasakan dan ingin aku bagikan ke teman-teman melalui blog ini. Sekian, maaf jika ada kesalahan kata, sampai berjumpa di postingan selanjutnya. ~~~