Ingin rasanya kembali ke masa lalu dan merubah yang sudah berlalu agar masa depan berubah. Merubah yang memang salah, atau yang dianggap salah. Atau untuk menikmati momen bahagia di masa lalu (lagi). Andai aku ada Time Machine. Bisa kembali time travel dan kembali ke masa lalu. Di toko jam ada gak sih? Hah.. tapi sayang, itu hanya sebuah pemikiran yang hanya sekali lewat. Udah banyak teori time travel dalam flm-film yang populer. Dari yang mengubah masa lalu dapat membuat sejarah dan masa depan berubah total. Sampai yang kembali ke masa lalu dan mengubahnya dapat membuat sebuah timeline baru. Yah.. time travel itu penuh resiko. Dari mikirin teori-teorinya, fisika kuantumnya, teknologinya, pengaplikasiannya, yah.. ribet.

Bagiku sebuah ramalan yang meramal masa depan, ntah itu 5 detik dari sekarang, ataupun 5 tahun dari sekarang, itu curang. Masa orang lain gak tau, sementara dia malah mau tau? Ya itu curanglah. Tapi kalo ada time travel, itu juga bisa dibilang curang sih. 

Meski hampir hampir mustahil untuk kembali ke masa lalu, masih banyak yang berpikir, "andai aku dapat kembali ke masa lalu." Yah, akupun begitu. Di suatu hari, sempat terpikir olehku untuk kembali ke masa lalu. Saat itu aku melakukan kesalahan. Yang.. mungkin bagi beberapa orang lebay, tapi bagiku itu sebuah masalah. "Kenapa aku melakukan itu? Kenapa aku berkata seperti itu? Apa ada yang punya time machine? Pintu kemana saja deh. Atau ga, alat pemutar waktu." Sungguh, aku ingin sekali. Tapi saat itu aku berpikir. Apa yang akan aku lakukan di jam-jam yang akan datang? Apa aku cuma akan diam dan menunggu seseorang mengirimkan sebuah time machine? Hari itu sudah gelap. Dan aku berpikir hingga hampir larut, ditemani dengan rasa gelisah dan overthingking. Hal yang bisa kulakukan hanya berdoa semoga semua cepat membaik. Aku bangun dari tidur setelah semalam tertidur. Dan benar, semua sudah membaik. Ntah ini keajaiban atau apa, aku sangat bersyukur. Mungkin sebuah perkataan ada benarnya. Overthinking itu ga baik. Apalagi sampai Negative Thinking. Dan sepertinya, aku udah ga butuh time machine, atau sejenisnya. Dan aku akan berusaha untuk tidak memikirkan hal-hal semacam itu lagi.

- Sebuah Curahan Pikiran


P.S.
Makasih buat siapapun kalian yang udah baca sampai ke pesan tambahan ini. Buat yang pernah kepikiran untuk kembali ke masa lalu, lebih baik stop pemikiran itu. Waktu memang ga akan kembali, tapi masih ada waktu yang akan harus kalian temui. Berpikir ke depan, dan berusahalah untuk menjadi lebih baik dari hari yang sudah berlalu. Mungkin ada yang ga terima. Tapi inget, kalo masa lalu itu ga terjadi, ga akan ada masa sekarang ini. Intinya adalah, jika ada sebuah masalah, berdoalah dengan sungguh-sungguh. Setidaknya itu bisa membuat tenang. 
Oiya, Aku ada rencana untuk sering nulis untuk ke depannya, tapi ya aku juga ada kesibukan lain, salah satunya belajar coding. Yah, setidaknya aku gak lupa untuk nulis.
Sekian, bila ada salah kata, aku minta maaf. Semoga kita bertemu di kesempatan berikutnya. ~~~