Mainan, kotak-kotak, tapi bukan Minecraft. Yang kumaksud adalah rubik. Aku udah pernah bahas tentang rubik. Tapi aku buat lagi. Karena aku jiji dengan bahasa yang aku pake dulu. Dan postingan itu udah 1 tahun lewat. Desember 2018. Bener kan 1 tahun? Oke lanjut. Rubik. Sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan di tahun 1974 oleh seorang profesor arsitektur asal Hungaria, bernama ErnÅ‘ Rubik. Karena itu namanya adalah rubik, bukan rubak, dan bukan rubruk. Itu semua dikutip dari Wikipedia. Jadi aku bukan orang yang pandai sejarah, yang tau sejarahnya rubik, aku cuma baca dan belajar. Gitu. 


Macam-macam rubik. Rubik itu banyak macamnya, ada rubik standar 3x3x3, 2x2x2, 4x4x4, 5x5x5, 6x6x6, 7x7x7, square 1, square 2, skewb, dino cube, windmill cube, mirror cube 2x2x2, mirror cube 3x3x3, pyraminx, master pyraminx, pyramorphix, megaminx, dan masih banyak yang lain lagi. Ga ku tulisin semua, karena aku lelah ngetiknya, dan yang aku tau cuma itu. Dan itu semua, njelimet. Serius. Mulai dari 3x3x3, sampe ke 17x17x17, itu njelimet. Tapi ya tergantung orang yang belajar juga. Karena tiap orang itu beda, jadi ya pasti beda, cara belajarnya. Apakah njelimet atau engga. Tapi kalo aku, itu semua njelimet. 


Rubik yang aku punya. Aku punya beberapa rubik, ga banyak. Yang aku punya yang standar 3x3x3 ada 3, 1 white base, 2 black base. 4 sih sebenernya, tapi yang 1 lagi itu bekas gantungan kunci dan udah gatau kemana. Trus aku ada 2x2x2. Cuma 1. Trus aku ada Pyraminx. Dan juga aku ada rubik 5x5x5 yang sampe sekarang masih belum solve. Karena aku ga ngerti. Dan aku juga ga ada 4x4x4. For information, 5x5x5 itu dibeli barengan sama pyraminx. Jadi bukan 4x4x4. Ya aku tau, harusnya yang 4x4x4 dulu. Tapi ya udahlah. 


Gimana cara nyelesaiin rubik? Caranya adalah... belajar sendiri. Di google itu banyak orang yang ngasih tutorial cara nyelesaiin rubik. Aku bukan gamau ngajarin, cuma aku males kalo harus bikin tutorial. Tapi kalo ada yang mau belajar rubik di Real Life, bareng aku, ya monggo. Silahkan dikabarin akunya. Yang jelas itu satu. Harus ada rubik. Dan aku ga ngajarin cara bikin cross, karena masing-masing orang punya cara sendiri untuk buat cross. Dan ya gitu aja.


Sekian postingan kali ini. Semoga ketemu di kesempatan selanjutnya, aamiin. 


Sekian, Ciao!




Fin.





Ini masih belum semua yang disebutin tadi