Kemarin aku bilang kalo ada buku self improvement di postingan gabut. Nah aku menemukan suatu bahasan menarik yg pengen ku tulis aja gitu. Yaitu Lingkaran Setan. Dari buku yang berjudul SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT. Terjemahan dari versi aslinya, THE SUBTLE ART OF NOT GIVING A F*CK.

Lingkaran setan. Berdasarkan wiktionary, lingkaran setan adalah keadaan atau masalah yang seolah-olah tidak berujung pangkal, sulit dicari penyelesaiannya. Contohnya banyak. Akan aku tulisin 1 paragraf untuk contoh dari lingkaran setan ini menurut bukunya.

…Anda bermasalah dengan pengendalian amarah. Anda gampang kesal terhadap hal paling bodoh tanpa tahu alasannya. Dan fakta bahwa Anda mudah sekali marah mulai membuat Anda semakin marah. Dan ketika Anda menyadari bahwa marah-marah membuat Anda jadi seorang yang berpikiran dangkal dan kejam, dan Anda benci itu. Anda benci hal itu hingga Anda marah pada diri sendiri. Sekarang lihat diri Anda : Anda marah pada diri Anda yang marah-marah karena mudah marah. Ah persetanlah!

Gimana? Kesel kan yang jelas? Peristiwa ini juga pernah ku rasain beberapa hari kemarin. Peristiwanya gini : Saat itu aku merasa cemas. Merasa cemas hingga berpikiran negatif. Aku benci hal itu, dan berusaha untuk tidak berpikiran negatif. Karena berpikiran negatif itu, aku mulai merasa cemas. Ya dan aku cemas karena memikirkan hal negatif yang membuat aku cemas.

Trus apa yang kulakukan? Aku mencoba tenang dan mencoba cara yang kubaca di buku tersebut. Bersikap bodo amat. Awalnya aku mencoba untuk berusaha melupakan dan bodo amat. Tapi gabisa. Justru ketika aku tidak mencoba berusaha untuk melupakan peristiwa itu, aku berhasil.

Ada sedikit yang bisa kusimpulkan dari peristiwa itu. Apapun peristiwa lingkaran setan itu, terimalah peristiwa itu, dan jangan berusaha untuk melupakannya. Tapi bersikaplah bodo amat dengan berandai andai masalah itu tidak ada. Jangan salah ya. Jangan berusaha, tapi terima, lepaskan, dan bodo amat. Aku ga bilang kalo cara ini terjamin ya. Semua orang juga pasti punya caranya masing-masing. Aku hanya membagikan pengalaman dan membahas yang menarik aja. Semoga bisa dipahami. Maaf jika ada kata-kata yang kurang jelas atau salah. 

Well, See you.

Ini perjuangan ngambilnya.