Plato adalah seorang filsuf dan matematikawan yunani, guru dari aristoteles, dan juga penulis. Tulisan yang ia tulis yang selalu menimbulkan pertanyaan serta misteri yaitu Atlantis dari bukunya yang berjudul Timaeus dan Kritias. Atlantis adalah negeri kecil yang letaknya masih tidak begitu jelas diketahui sampai sekarang. Negeri yang indah, makmur, kaya akan sumber daya. Akan tetapi, Atlantis ditenggelamkan oleh dewa laut atau mungkin yang kita kenal dalam yunani adalah neptunus, karena suatu alasan. Tapi apakah ada negeri seperti Atlantis itu? Dan jika ada, dimanakah negeri tersebut?

Gak bisa dipungkiri, meskipun teknologi yang kita punya saat ini sudah sangat berkembang, tapi kita masih tidak dapat mencari, bahkan menemukan negeri yang bernama Atlantis ini. Dari zaman dahulu, sampai sekarang tidak ada seorangpun yang bisa menemukan negeri yang bernama Atlantis ini. Bisa jadi karena faktor yang beresiko jika kita terus mencari hingga ke dasar laut. Atau bisa jadi juga, tidak ada kota yang bernama Atlantis ini. Seiring berjalannya waktu, legenda tentang kota Atlantis yang ditulis oleh Plato ini mulai dikenal dengan MITOS. 

Tapi, jika kita mendalami tulisan Plato tersebut kita akan menemukan ciri-ciri dari negeri Atlantis ini. Ciri-ciri tersebut antara lain, yaitu karakteristik tanah hijau, dan subur. Dan juga dikelilingi ileh pegunungan pegunungan yang indah. Dan memiliki kaya akan sumber daya alam. Plato juga menyebutkan bahwa Atlantis dekat dengan pulau-pulau. Dari ciri-ciri sederhana tersebut, banyak yang menyimpulkan dimana lokasi-lokasi yang diduga Atlantis, termasuk negara kita, Indoneisa. Jika diperhatikan, ciri-ciri itu sangat cocok dengan negara kepulauan kita, Indonesia. Nah banyak juga ciri-ciri lain yang juga cocok dengan ciri-ciri dari Indonesia. Tapi, bagaimana dengan legenda Poseidon atau Neptunus? Menurut Plato, Atlantis dibentuk oleh penguasa lautan Poseidon. Dan di Indonesia tidak ada legenda Poseidon. Tapi ada sebuah legenda tentang dewa penguasa laut yang hampir sama dengan legenda Poseidon. 

Dari yang kita tahu, ciri-ciri Atlantis yang dikemukakan oleh Plato sangat mirip dengan ciri-ciri Indonesia. Tapi teori tersebut masih menimbulkan perdebatan antara banyak orang. Yap, meskipun masih dibilang Mitos, kisah Atlantis adalah kisah yang sangat menakjubkan. Banyak film-film yang menyinggung kisah Atlantis ini, salah satunya adalah Aquaman. Intinya yang ingin ku sampaikan, kita mungkin tidak dapat mengetahui kebenaran dari Atlantis, tapi kita dapat membuat legenda yang baru tanpa mengalami hal yang sama dengan Atlantis dengan nama, Indonesia.
Sekian, Terimakasih.