Sumber : idntimes
Hai, semua. Dulu kita belajar tentang bencana alam, yang salah satunya adalah banjir. Dan banjir ini terjadi karena faktor alam dan faktor dari manusia. Faktor dari alam ialah hujan lebat yang terus menerus. Dan faktor dari manusia ialah pembuangan sampah yang tidak bertanggung jawab atau sembarangan yang menyebabkan saluran air yang mengalirkan air hujan tersumbat atau terhalang. Akibatnya terjadilah banjir. Jelas kan? Gak bingung kan? So, kenapa banyak orang masih membuang sampah sembarangan? Lalu bagaimana cara menanggulangi bencana banjir ini yang menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, terdapat kurang lebih 506 kejadian bencana banjir di tahun 2018. Bahkan di 2019 ini diprediksi bencana banjir akan kamungkinan sering terjadi.

Belakangan ini (saat postingan ini dibuat), banjir melanda beberapa kota di Indonesia. Dan banjirnya parah. Bahkan di dekat tempat ku tinggal, terjadi banjir juga. Tapi ga parah. Dan ku melihat beberapa sampah yang keluar dari saluran air atau biasa disebut selokan. Aku berpikir, apa sampah tersebut dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Kemudian aku berpikir lagi, bagaimana cara untuk kedepannya, kita mencegah terjadinya banjir. Saat kita sekolah, mungkin yang dipikiran kita adalah "reboisasi". Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang. Atau mungkin bisa kita sebut menanam tanaman supaya tanaman tersebut dapat menyerap air hujan dan dapat mencegah banjir. Tapi, kita sadar bahwa tanaman tidak dapat menyerap air yang berlebihan. Jadi bagaimana? Alternatif lainnya adalah menjaga kebersihan alias jangan buang sampah di sembarang tempat. Cara lain yaitu jangan menutupi saluran air atau selokan. Aku merasa kalau pembangunan sekarang kurang memperhatikan adanya selokan. 

Bicara tentang banjir, pasti ga lepas dari pasangannya yaitu Longsor. Longsor menurut Wikipedia adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Longsor biasanya disebabkan oleh erosi dan air hujan. Biasanya longsor terjadi bersamaan dengan banjir. Menurut BNPB, sudah terjadi kurang lebih 438 bencana longsor di tahun 2018. Bagaimana di 2019? Yang menentukannya adalah kita dan alam. Karena longsor dapat terjadi akibat hujan deras. Apakah ada cara untuk mencegah longsor? Jawabannya ada. Caranya adalah jangan menebang pohon di sekitar lereng. Cara lain dapat dilihat disini

Kesimpulannya, memang bencana alam terjadi secara alami. Tapi ada juga yang terjadi akibat perbuatan kita. Seperti banjir dan tanah longsor. Apa bencana-bencana tersebut dapat dicegah? Semua tergantung kita. Apakah kita akan mengambil keputusan yang benar? atau yang salah? Anyways, silahkan discuss di kolom komentar dan jangan malu untuk berpendapat.