Yang namanya hidup siapa nih. Ngga ngga.. bercanda.. 
Halo. Masih ada yang baca ga sih ini? Atau blog sekarang udah ga dilirik lagi? Yaudahlah ya bodo amat. Ntah siapapun yang akan baca nanti.. Aku ucapkan selamat datang dan selamat membaca pikiranku. Kenapa pikiranku? Ya karena tulisan ini bersumber dari pikiranku yang terlintas sebuah kata untuk kutuliskan disini. 

Apa kabar semuanya? Yang pernah baca blog ini, yang pernah menjadi pembaca di blog ini, yang baru datang menginjakkan jarinya ataupun kursor mousenya disini. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat ya. Aku doakan semoga kehidupan kalian diberi kemudahan, ketenangan, dan kebahagiaan. Aamiin. Oke, saatnya pamit. 

Bercanda ya. Nanti langsung kalian tutup pula postingan ini. Waktunya serius. Kalian pernah kan, ngalamin dimana kalian udah merencanakan sesuatu di hidup kalian, like.., "besok Aku mau belajar", "besok Aku mau nge-desain", "besok Aku mau ngerjain laporan", dan lain-lain, tapi malah ga terlaksana? Kesel ga? Kesel ga? Ya kesel lah masa ngga? Tapi tenang, kalian ga sendiri. Aku juga begitu. Ya yang namanya hidup memang perlu sebuah rencana agar kita ga bingung mau ngapain, ngga gabut, ngga buang-buang waktu percuma.

Karena semakin dewasa, kita merasa bahwa waktu itu penting. Waktu adalah suatu hal yang ketika pergi, dia ga akan bisa balik lagi, ga kayak manusia yang masih bisa balik lagi. Sama seperti beberapa detik yang Aku gunakan untuk menulis postingan ini. Memang ga akan kembali lagi. Tapi yang Aku dapatkan adalah sebuah tulisan yang mungkin bisa Aku baca di masa depan. Mengingat kembali apa yang Aku lakukan di tanggal 28 Desember 2021 ini. Sebagai kenangan terindah yang pernah Aku lakukan. Balik lagi ngomongin waktu. Kita juga perlu nyusun rencana buat memanfaatkan waktu yang ada agar ngga terbuang sia-sia. Buat satu rencana, kemudian muncul ide untuk membuat rencana lain. Setelah muncul ide untuk membuat rencana lain, muncul lagi ide baru untuk membuat rencana lain. Begitu seterusnya. Akhirnya kita bingung. Dan kita lebih memilih untuk tidak melakukan apa-apa. Mungkin diksi itu kurang tepat ya. Karena sekalipun kita gabut, pasti ada aja yang dipikirin. Sekalipun kita rebahan, pasti ada yang dipikirn. Itu namanya kegiatan kan? 

Segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik. Sama seperti rebahan. Rebahan terlalu lama itu ga baik buat kesehatan. Scrolling sosmed, YouTube, pesan WhatsApp, bahkan scrolling artikel yang berfaedah jika berlebihan juga ga baik. Yang berarti, rencana yang berlebihan itu ga baik. Trus gimana caranya biar rencana kita bisa teratur? Ya diatur. Gimana? Udah bingung? Udah kesel? Bercanda ya. Maksudnya adalah.. kita atur rencana kita di waktu-waktu yang kita punya. Contoh, di jam 8 pagi Aku ngerencanain untuk nulis postingan blog ini. Trus di jam 9, Aku ngerencanain untuk bikin cover dari postingan blog ini. Lalu di jam 10, Aku ngerencanain untuk nge-desain sesuatu yang udah Aku pikirin. Gitulah intinya. Trus bakal ada pertanyaan. Lah, emang cukup satu jam doang? Yaa tergantung. Kalo kalian pernah liat rundown suatu acara, pasti gitu juga kan? Ada yang selalu sesuai dengan rundown? Ngga kan? Pasti ada suatu kondisi dimana acara itu ngga sesuai dengan rundown. Sama juga dengan pidato yang ditulis di naskah dulu. Pas pidato juga ga 100% sesuai kan dengan naskah yang ditulis? Nah, begitulah hidup. Kadang ga semua rencana kita bisa terlaksana semua ataupun terlaksana sesuai dengan apa yang kita rencanakan sebelumnya. Tapi ingatlah, ada baiknya kita memulai mengerjakan apa yang kita kerjakan meskipun tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, daripada kita tidak melakukan apa yang kita ingin lakukan dan kemudian menyesal karena tidak melakukannya (dalam konteks hal-hal yang baik ya). Sama seperti hasil, kita manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Biar sisanya kita serahkan pada yang Maha Kuasa. Jadi ya.. yang namanya hidup.. ya begitu. Jangan merasa bersedih, ayo tetap semangat jalani hidup. Gunakan waktu yang kita punya sekarang, sebelum waktu yang kita punya habis. 

Sekian,
Selamat beraktivitas kembali, dan sampai jumpa di tulisan-tulilsanku yang lain.. semoga..


P.S. (bagi yang ingin baca silakan, yang ingin stop sampai sini silakan, karena bagian ini cuma unek-unek-ku aja)
Setelah ga nulis lagi selama hampir satu tahun sejak postingan tanggal 7 Januari 2021, akhirnya Aku nulis lagi. Gimana kabar kalian pembaca lama? Masih sehat kan ya. Aku kepikiran buat nulis lagi ntah disini atau di platform lain nanti. Ya, lebih ke Aku kepingin buat blog kaya gini yang semoga isinya bisa ngasih dampak baik ke pembaca. Tapi ya untuk sementara bakal nulis disini dulu. Untuk kedepannya mungkin bakal kuinfoin disini kalo ada perubahan. Ntah itu website, atau pake platform lain. Yah, begitulah, udah sampe sini aja yang Aku tulis. Udah cape juga ini ngetik. Udah lama ga ngetik soalnya (padahal di kuliah ngoding terus hehe). Makasih buat yang udah baca sampe sini. Yang udah mendengar unek-unek ku yang bersifat personal ini. Udah deh. Selamat kembali beraktivitas. Babay~