Hai, udah lama ga bikin blog. Oke langsung aja, nyadar gak sih kalo di zaman sekarang teknologi itu lagi maju majunya. Bahkan produksi smartphone aja udah banyak banget. Ngomongin soal smartphone, nyadar gak sih smartphone berbasis android yang banyak dari kita yang pakek, itu udah banyak bangeeeeeettt, mulai dari produk ternama dengan kualitas premium yaitu Samsung, dan juga produk yang namanya udah gak asing lagi bagi kita, yaitu Asus, Oppo, LG, Huawei, Vivo, dan lain lain, sampai produk yang memiliki spesifikasi bagus dengan harga jual yang terjangkau yaitu Xiaomi. Mereka semua terus bersaing demi mendapatkan customer yang of course banyak. Mulai dari kenceng kencengan, memperbagus fitur, meningkatkan spesifikasi dengan harga yang rendah, dan yah masih banyak lagi. 

Karena banyak banget produknya, gue sendiri sampe dibuat bingung akan pilihan gue. Yang niat awal gue mau beli produk xiaomi, eh asus malah bisa nyaingin xiaomi. Dan pas gue mau beli asus, eh xiaomi keluar sub produk baru.. yang lagi hype nya yaitu Pocophone. Nah dan ketika gue mau niat beli pocophone, gue mikir nih.. Pocophone kan juga ada kekurangannya, dan akhirnya gue gajadi beli hp (kan kamvret wkwk). dan setelah lama gue pikir pikir mending Asus yang pas itu ngeluarin produk saingan si Pocophone yaitu Asus zenfone 5z. Saat itu gue emang terpaku sama yang namanya chipset Snapdragon. dan setelah gue searching searching, gue nemu kalo prosesor yang bagus itu ya gak cuma snapdragon, misalnya aja kayak kirin. Nah disaat gue tau kalo kirin itu bisa bersaing dengan snapdragon, gue makin bingung dan mengurungkan niat gue untuk ganti smartphone. Hmm kayaknya kita bakal bingung kalo disuruh pilih yang mana? Dan mungkin banyak pilihann yang berbeda. (oh iya, btw gue tadi cuma nyebutin Asus dan Xiaomi karena ya emang mereka lagi hype sih.. bukannya gue emang berpihak pada asus atau xiaomi).

Nah karena masalah itu gue mau kasih tips buat kalian yang mau beli hp ya.
- Pertama kalian harus cek hp dengan prosesor apakah yang kalian butuhkan. Misal kalian butuh prosesor yang kenceng ya pilih aja prosesor snapdragon 636, atau kalo emang tanggung, ya pilih aja Pocophone, atau Asus zenfone 5z
- Kedua adalah RAM. Sesuaikan Ram yang kalian butuh. Misal kalian butuhnya yang standar aja, mungkin kalian bisa pilih hp dengan ram 3/4 GB? atau kalo emang mau 6GB ya gapapa juga.
- Ketiga adalah fitur dari hp tersebut. Misal kalian butuh hp dengan fitur infrared, ya kalian bisa pilih xiaomi atau produk lain yang ada infrared, sekarang gak cuma xiaomi kok yang ada infrared.
- Keempat adalah kamera. Misalkan kalian itu orangnya hobi menggunakan kamera, ya kalian pilih aja hp dengan kualitas kamera yang bagus. Kalian bisa lihat reviewnya di youtube atau google.
- Kelima adalah Budget. yess kalo kalian gapunya budget lebih ya.. gausah dipaksain gitu aja
Sekali lagi itu semua balik lagi ke kebutuhan kalian masing masing

Sekian dari blog kali ini, gue cuma mau sharing aja.
Gue Miftahul Okta pamit, BYEE!!