Kalo sekarang jika dengar kata "moba" pasti gak lepas dari game moba di android yang lagi hot saat ini yaitu Mobile Legends ya gak?? Sebenernya banyak game moba di android kayak Mobile Legends, Arena of Valor, Vainglory, dan banyak lagi lengkapnya kalian cari aja di play store. Ada yang bikin gue penasaran akan game moba ini, yaitu

"MOBA KOK ANALOG??" 

"Memang apa salahnya kalau moba analog?" itu pertanyaan yang gue lontarkan pertama kali. karena awalnya gue gatau apa apa tentang "MOBA", gue cari cari informasi dan gue nemu game moba pc yaitu DOTA. Terus gue pikir pikir... kalo moba di android ga pake analog terus pake apa masa harus pake mouse?? Lalu gue nemuin game Vainglory yang dulunya gak pake analog. 

"Oh ini moba no analog?"

Ada benernya juga sih kata kata "MOBA KOK ANALOG?" Mulai dari situ gue coba main Mobile Legends. daaaaaaaaaaaannnnn... menurut gue malah enak make analog.. 

Stop sampe situ gue nemu istilah baru yaitu

"MOBA KOK BATMAN?" 

"MOBA KOK PLAGIAT?" 

Tau kan itu istilah? yesss! Perdebatan antara player Mobile Legends dan player AOV. gue juga melontarkan beberpa pertanyaan sih.. "Memang apa salahnya kalo moba ada batmannya?" dan kenapa Ml dibilang plagiat? Setelah itu gue coba main AOV, dan sama sama enak sih, tapi. pernah pas gue mau install HD Resource kok ga bisa make wifi ya? Player AOV yang tau coba kasih tau gue. Setelah lama main Mobile Legend, mulai terasa.. kalo Mobile Legends agak sedikit plagiat. Contohnya itu pas ada hero Angela, skinnya sih klo menurut gue kayak karakter Rem di film anime Re:Zero. but gue sih ga permasalahkan selagi game itu enak dimainin.

Stop masalah itu, lalu gue mikir... "game kan dibuat untuk di mainin? bukan di perdebatin?"

Btw makasih udah baca, sekian.